Goa Pindul Gunungkidul Peroleh Penghargaan LOS Award 2014

Bupati Gunungkidul, Badingah menerima anugrah penghargaan LOS Award 2014, dari Lembaga Ombudsman Swasta (LOS) DIY, sebagai Kepala Dearah Terbaik Tahun 2014.

Penganugrahan tersebut terkait keberhasilan Badingah dalam mendorong iklim pariwisata yang beretika berkelanjutan di DIY.

Penyerahan penghargaan LOS Award diserahkan secara langsung oleh Ketua LOS DIY Nukman Firdausie di Inna Garuda.

Selain Badingah, penerima anugrah penghargaan LOS Award, yakni Desa Wisata Bejiharjo Karangmojo Gunungkidul, dalam kategori Desa Wisata terbaik 2014 atas keberhasilannya dalam pengelolaan desa wisata yang beretika dan berkelanjutan.

LOS Award 2014 diberikan kepada 5 lembaga atau institusi, yakni Kepala Daerah, desa wisata serta perhotelan, baik hotel non bintang maupun hotel bintang 3,4 dan 5” sambung Nukman.

Nukman menambahkan tujuan pemberian penghargaan ini adalah untuk mengapresiasi kinerja dan peran serta stake holder dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik di wilayah Yogyakarta melalui perwujudan tata kelola usaha sector swasta yany beretika dan berkelanjutan.

Untuk institusi, sambung Nukman, LOS Award 2014 kepada manajemen hotel Ruba Graha dalam kategori hotel Non Bintang, hotel Malioboro Inn sebagai hotel Bintang 1 dan 2 serta yang berhak menerima LOS Award kategori Bintang 3,4 dan 5 adalah hotel Melia Purosani.

Atas penganugrahan tersebut Badingah menyatakan sangat bersyukur. Dan sektor pariwisata, sesuai Perda Gunungkidul no 17 tahun 2010, sektor ini menjadi sektor andalan.

Sektor pariwista memiliki kontribusi yang besar karena jasa/pariwisata dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan.

Di tahun 2011 saja sumbangan sektor pariwisata sebesar 4,56% meningkat di tahun 2012 sebanyak 5,77% dan 2013 bertambah hingga 7,98%. (Anjar)

 

Tinggalkan Komentar