Keindahan Objek Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul

Goa Pindul merupakan salah satu destinasi yang sangat cantik di kawasan Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi. Tempat wisata ini terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul Yogyakarta. Goa Pindul merupakan salah satu gua yang di dalamnya terdapat sebuah aliran sungai bawah tanah yang memanjang dari mulut gua sampai ekornya.

Wisata Goa Pindul resmi dibuka untuk umum pada 10 Oktober 2010. Gua ini mempunyai pemandangan yang sangat eksotis, jadi tidak usah heran bila banyak wisatawan yang berbondong-bondong setiap harinya untuk menikmati keindahan objek wisata Goa Pindul. Berikut ini adalah ulasan tentang keindahan Goa Pindul yang sangat eksotis.

Lokasi Goa Pindul

Denah menuju Goa pindul

Denah menuju Goa pindul

Lokasi Goa Pindul berada di Yogyakarta atau lengkapnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul. Berikut beberapa rute perjalanan untuk menuju lokasi wisata Goa Pindul.

Dari Yogyakarta – Jalan Raya Wonosari – Piyungan – Bukit Patuk – Hutan Bunder – Jalan Raya Wonosari (Patuk-Playen) – Lapangan Gading – Pertigaan lampu merah ambil jalan ke kiri (lurus) – Jalan Raya Wonosari (Playen-Wonosari ambil menuju kota Wonosari) – Bundaran Siyono (Perempatan yang ada air mancur ditengahnya) ambil arah ke kiri – Ikuti jalan aspal yang lebar  – lurus hingga lampu merah – Perempatan lampu merah lurus – Ada perempatan besar yang sebelah kiri ada gerbang Desa Bejiharjo belok kiri – Ikuti jalan aspal terus hingga sampai lokasi yang banyak terdapat tulisan Dewabejo Goa pindul.

Legenda Goa Pindul 

dsc_0164Menurut cerita yang beredar di masyarakat setempat, kisah dari Goa Pindul ini cukup menarik dan terkesan lucu. Pada zaman dahulu ada seoarang anak yang bernama Joko Singlulung. Suatu saat anak ini bertekad untuk mencari ayahnya yang telah lama hilang. Dia mulai petualangannya dengan melewati hutan yang lebat, gua pun ia telusuri untuk menemukan ayahnya.

Tapi naas ketika Joko Singlulung tiba di sebuah gua yang ada aliran airnya kepalanya terbentur pada sebuah batu besar. Kejadian tersebut menyebabkan membuat kepalanya benjol dan pipinya terbentur, yang dalam bahasa Jawa “Pipi gebendul”. Dari cerita inilah nama Goa Pindul diambil yakni singkatan dari pipi gebendul. Hemm, cerita yang unik yaaa…

Keindahan Objek Wisata Goa Pindul

 _mg_0117

Goa Pindul memang menyajikan pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Pada bagian tengah gua terdapat sebuah ruangan yang lumayan besar dan tentunya menarik untuk dinikmati.

Ada sebuah lubang di atas gua ini sehingga memungkinkan cahaya langsung masuk ke dalam gua sehingga menyebabkan pantulan cahaya di dalam air yang sangat mengagumkan. Masyarakat sekitar menyebut tempat ini sebagai sumur terbalik. Karena suasana yang cukup baik dan menarik.

Seperti kebanyakan wisata gua yang lain, Goa Pindul juga memiliki stalagtit dan stalagmit yang sangat indah. Yang membedakannya adalah ukuran dan kapasitasnya.

Stalakmit dan stalaktit yang ada di Goa Pindul diperkirakan berusia ribuan tahun, sehingga mempunyai bentuk yang sangat besar. Tak hanya itu ternyata stalakmit dan stalaktit yang ada di Goa Pindul masih aktif jadi jangan heran kalau ukurannya akan semakin membesar setiap tahunnya.

Di sepanjang perjalanan mengarungi Goa Pindul kamu akan disuguhi lukisan ornamen pada dinding gua. Lukisan di dinding gua dipadukan dengan cantiknya hiasan batu kristal yang membuatnya terlihat indah.

Sebuah warisan alam murni dengan keindahan lukisan abstrak sehingga membuat Goa Pindul semakin terlihat keeksotisannya. Di tambah dengan tetesan air pada dinding gua, seakan menambah lengkapnya suasana.

Tips Berwisata di Goa Pindul

Bagi kamu yang ingin mengunjungi Goa Pindul berikut ada beberapa tips agar kamu bisa menikmati liburan dengan aman dan nyaman.

  1. Sebelum mengarungi sungai periksalah ban karet dan pelampung sebelum digunakan
  2. Pakailah ban karet atau pelampung dengan baik dan benar. Hal ini sangat penting untuk menjaga keselamatan
  3. Usahakan kamu membawa head lamp, alat ini akan sangat membantu kamu untuk menjelajahi Goa Pindul.
  4. Waktu terbaik untuk melakukan cavetubing di Goa Pindul adalah di pagi hari tepatnya sekitar pukul 09.00, karena pada saat – saat tersebut, matahari bersinar sehingga cahayanya masuk dari lubang besar pada atap gua hal ini akan menambah keindahan dari Goa Pindul. Selain itu, pada pagi hari, air di gua tidak terlalu dingin sehingga sangat tepat untuk dinikmati.
  5. Karena sudah sampai di desa Bejiharjo, jangan sampai lewatkan objek wisata lain seperti Gua Gelatik, Kali Oya, situs purbakala Sukoliman, dan monumen bersejarah Jendral Sudirman.
  6. Gunakan jasa pemandu agar memudahkan Anda berwisata di Goa Pindul dan tentunya berbagai wisata lain yang ada di sekitar wilayah Yogyakarta.

artikel by : satujam 

3 Replies to “Keindahan Objek Wisata Goa Pindul di Gunung Kidul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress spam blocked by CleanTalk.