Teh Elis: Tamu Dewa Bejo yang Mengesankan

Minggu, 04 Februari 2018

Meski bulan Februari sebagai puncak musim hujan, Goa Pindul pagi itu sangatlah cerah. Seperti biasa, sekretariat Dewa Bejo selalu ramai diserbu wisatawan dari seluruh Indonesia. Tamu Dewa Bejo kali ini adalah mahasiswa dari Universitas Garut. Satu persatu dari mereka turun dari bus pariwisata dengan wajah sumringah. Tak sedikit juga yang aktif dengan gadgetnya, mengabadikan plesiran dengan cara berselfie dan bersorak ria.

Pemandu Dewa Bejo langsung menyambut ramah. Seperti biasa, sebelum memulai penyusuran gua, wisatawan dibriefing terlebih dahulu. Disediakan pula teh panas gratis untuk melepas dahaga. Mereka yang baru pertama kali datang ke sini, mendengarkan arahan pemandu dengan sangat antusias.

Tak lama, rombongan wisatawan dipersilakan mempersiapkan diri berganti pakaian. “Tas bawaan dan barang berharga jangan lupa diamankan. Jangan sampai terjatuh apalagi hilang. Barang bisa disimpan di loker penitipan barang”, pandu salah satu guide Dewa Bejo dalam briefingnya.

Continue Reading →

Dewabejo Goa Pindul Aman Dikunjungi Pasca Demo Akbar

Rombongan wisatawan dari tim Ayam Geprek Bebas pada 2 Februari 2018 di Dewabejo, Goa Pindul. Terimakasih semuanya!!!

 

Pada 1 Februari 2018 kemarin, berbagai media massa baik di televisi maupun online sedang ramai membicarakan masyarakat Goa Pindul yang menggelar aksi di kantor BUMDes Bejiharjo untuk menuntut keadilan. Namun kisruhnya suasana kemarin, tidak membuat wisata Goa Pindul berhenti memberikan pelayanan prima kepada wisatawan yang datang maupun yang berencana dating ketempat kami. Dengan kata lain, wisata Goa Pindul tetap buka setiap hari.

Kami, selaku perintis wisata minat khusus Goa Pindul, yakni Dewabejo menjamin kenyamanan serta keamanan Anda dalam berwisata. Untuk saat ini dan seterusnya, Goa Pindul aman dikunjungi. Pun kami menjamin, dengan sumberdaya manusia (pemandu) yang telah bersertifikat dari pusat, perjalanan wisata Anda akan berkesan tak terlupakan. Continue Reading →

Matinya Keadilan, Dewabejo Geruduk BUMDes Bejiharjo

Gunungkidul, 1 Februari 2018. Ratusan massa aksi yang menamakan dirinya sebagai pemandu wisata minat khusus yang berlisensi mendatangi kantor BUMDes Bejiharjo. Kehadiran mereka untuk menyatakan aspirasi dan tuntutan terkait kepemanduan yang berada di Goa Pindul dan menuntut pengakuan bahwa Dewabejo adalah operator wisata yang telah merintis objek wisata Goa Pindul.

Peraturan Menteri Pariwisata Republik Indonesia No 13 Th 2015 tentang standar jasa pramuwisata yang salah satu pasalnya berbunyi “Sertifikasi usaha jasa pramuwisata yang selanjutnya disebut sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat kepada usaha jasa pramuwisata untuk mendukung peningkatan mutu produk pelayanan dan pengelola usaha jasa pramuwisata melalui audit pemenuhan standar.” Sedangkan jika menilik Peraturan Menteri No.13 Th 2015 Sertifikasi pemandu wisata di Goa Pindul memang sangat penting dan wajib dilakukan agar pengunjung wisata merasa aman,nyaman dan berkesan setelah melakukan aktivitas wisata di Goa Pindul. Continue Reading →