Nonton Bareng Super Blue Blood Moon dari Monumen Jenderal Sudirman, Dewa Bejo

Super Moon. Sumber foto: Sportourism.Id

 

Saat ini banyak media yang memberitakan tentang fenomena yang akan terlihat pada Rabu, 31 Januari 2018. Apa yang istimewa pada hari itu? Bukan tanggal jadian, bukan pula tanggal tunangan. Pada akhir januari ini, kita bersama-sama akan menyaksikan fenomena Gerhana Bulan Total. Ia merupakan Bulan purtama kedua yang terjadi pada bulan Januari ini (purnama pertama pada 2 Januari kemarin), sehingga dijuluki sebagai Bulan Biru atau Blue Moon. Bukan berarti pada hari ini bulan akan tampak berwarna biru. Blue Moon atau Bulan Biru hanyalah istilah untuk menyebut Bulan Purnama kedua yang terjadi pada satu bulan kalender masehi.

Continue Reading →

Wisata ke Goa Pindul, Jangan Lupa Pilih Dewa Bejo

Pernah mendengar nama Goa Pindul? Dewa Bejo sebagai perintis wisata susur Goa Pindul tidak hanya menjual atraksi wisata di Goa Pindul dan Sungai Oyo saja. Dengan dipandu guide yang ramah, berpengalaman, dan tersertifikasi, kamu akan diajak berkeliling Desa Bejiharjo dengan berbagai atraksi wisatanya.

Apa saja sih yang bisa kamu datangi selama di Desa Bejiharjo? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Continue Reading →

Haruskah Pemandu Wisata Goa Pindul Memiliki Sertifikat?

Menyoroti fenomena yang terjadi belakangan ini, khususnya di tempat kami, semakin banyak oknum yang mengatasnamakan dirinya sebagai pemandu wisata di Goa Pindul. Segampang itukah?

Padahal, jika harus menuruti aturan dari dinas yang memegang kuasa atas berjalannya aktivitas wisata, pemandu wisata WAJIB memiliki lisensi. Sebagaimana juga tertuang dalam PP No 52 tahun 2012 tentang sertifikasi kompetensi dan sertifikasi usaha di bidang pariwisata, Pasal 53 UU No 10 tahun 2009, Permen Pariwisata No 19 tahun 2016 tentang pemberlakuan wajib sertifikasi kompetensi pariwisata, yang jika kami pahami ketiganya menyimpulkan bahwa pemandu wisata profesional haruslah mengantongi sertifikat/lisensi.

Continue Reading →

Refleksi Akhir Tahun: DEWABEJO, Nasibmu Kini

Matahari belum beranjak tinggi untuk menyinari pelataran desa kami. Tapi Bagyo-CS telah siap memasuki gua. Dengan ditemani cahaya obor dan peralatan caving seadanya, Bagyo dan tiga temannya nekat masuk ke dalam gua.

Gila? Entah sudah berapa ribu orang yang mengejeknya saat ide membersihkan Goa Pindul itu terlintas di kepalanya. Keringatnya mengucur deras, otot-ototnya semakin kencang, hanya untuk ambisi mulia.

Saat pertama kali Bagyo membawa wisatawan memasuki Goa Pindul

Continue Reading →